الخميس، 9 فبراير 2012

TAKHRIJ HADITS

Oleh : Idrus Abidin.

A.    TEKS HADITS.
كنت أول النبيين في الخلق وآخرهم في البعث
Artinya :
"Saya adalah Nabi pertama yang diciptakan dan paling akhir dibangkitkan".

B. RAWI DAN SANAD HADITS.
      Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Nuaim Al-Asfahani dalam kitab Dala'il An-Nubuwah[1], Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim,[2] Ibnu Ady dalam Al-Kamil Fii Dhuafa'a Ar-Rijal,[3] Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ad-Dhaifah Wal Maudhu'ah[4] dan Az-Dzahabi dalam kitab Mizan Al-I'tidal.[5]
     
C. KUALITAS HADITS.
      Menurut Ibnu Katsir, hadits ini lemah (dhaif). Imam Bukhari mengatakan, hadits ini diperbincangkan statusnya oleh pakar hadits.[6] Sementara itu, Al-Albani mendhaifkan hadits ini.
      Dalam tradisi ilmu hadits, hadits dhaif adalah hadits yang tidak memenuhi kriteria hadits hasan karena hilangnya salah satu syaratnya (hasan). Demikianlah pengertian hadits menurut DR.Mahmud At-Thahhan.[7]
      Sumber kelemahan hadits ini terletak pada rawi yang bernama Said bin Basyir. Di samping itu, Hasan meriwayatkan hadits ini dengan lafaz  عن. Cara periwayatan hadits demikian dikenal dengan istilah Al-An'anah.
      Terkait dengan Said bin Basyir, kritikus hadits yang benama Ibnu Main mengatakan : Said bin Basyir tidaklah berperan apa-apa dalam dalam periwayatan hadits ( ليس بشيء ). Imam bukhari berkomentar : Said bin Basyir diperbincangkan kualitas hafalanya oleh pakar hadits ( يتكلمون في حفظه ). Sedang An-Nasa'I mengatakan : Said bin basyir meriwayatkan hadits dari Qatadah dan ia dhaif.[8]
      Pakar hadits modern, syekh Nasiruddin Al-Albani mengatakan : Sanad hadits ini lemah. Kelemahnnya berdasarkan pada dua alasan :
1.      Sistem periwayatan Hasan yang menggunakan lafaz عن ( عنعنة الحسن ).
2.      Said bin Basyir. Al-Hafiz mengatakan : Ia dhaif.
      Abu Hilal berbeda dengan Said. Ia berkata : Dari Qatadah secara mursal : Ia tidak menyebutkan Hasan dari Abu Hurairah. Hadits ini disebutkan oleh Ibnu Katsir berdasarkan hadits Abu Hatim dari segi pertama. Di dalamnya terdapat tambahan ( فبدأ بي قبلهم ). Ibnu Katsir kemudian berkomentar : Said bin Basyir memiliki kelemahan (dha'fun). Said bin Arubah telah meriwayatkan hadit ini dari Qatadah secara mursal. Itulah yang paling abash. Sebagian lagi meriwayatkannya dari Qatadah secara mauquf.[9]
      An-Nawawi menisbatkannya kepada Ibnu Lalu dan Ad-Dailami, semuanya dari hadits Said bin Basyir. Al-Albani juga mengatakan : Az-Zahabi menganggap hadits ini bagian dari hadits-hadits gharibnya Said ketika membahas terjemahnya.

D.  RIWAYAT LAIN.
      Menurut Al-Albani, terdapat hadits lain yang bisa mewakili hadits di atas, yaitu :
كنت نبيا وآدم بين الروح والجسد
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab As-Sunnah (hal : 111) dari Maisarah Al-Fajri. Kualitas Sanadnya valid (shahih). Hanya saja tidak ada yang menunjukkan bahwa Rasulullah Saw. ciptaan pertama Allah Swt. berbeda dengan anggapan sebagian orang.[10]
      Demikianlah yang bisa kami terangkan tentang kondisi hadits di atas. Wassalam.



[1]  Abu Nuaim Al-Asfahani, Dalail An-Nubuwah, tth dan tanpa nama penerbit.
[2]  Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim, (Saudi Arabia : Dar Thayyibah), tahqiq : Sami Muhammad
    Salamah, jilid 6, cet.2, th.1999. (Tafsir Surah Al-Ahzab ayat : 7 ).
[3]  Ibnu Ady, Al-Kamil Fii Dhuafa' Ar-Rijal, (Baerut : Dar Al-Kutub Al-Ilmiah), jilid 4, cet.1,th.1997,
    hal.417.
[4]  Al-Albani, Silsilah Al-Ahadits Al-Maudhu'ah, (Riyad : Maktabah Al-Ma'arif), jilid 2, cet.5, th.1992,
    hadits no.661.
[5]  Az-Zahabi, Mizan Al-I'tidal, (Baerut : Dar Al-Kutub Al-Ilmiah), jilid 3, cet.1, th.1995, hal.191.
[6]  Ibid.
[7]  DR.Mahmud At-Thahhan, Taisir musthalah Al-Hadits, (Baerut : Dar Al-Fikr), tth.
[8]  Az-Zahabi, Mizan Al-I'tidal, hal.191.
[9] Al-Albani, Silsilah Al-Ahadits Al-Maudhu'ah, hadits no.661.
[10]  Ibid.

0 komentar:

إرسال تعليق

Categories

About Us

There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form.

نموذج الاتصال