Sunday, December 9, 2018

Madrasah Nubuwah.

Taukah anda, mata kuliah di madrasah nabi kita? Bacalah surat al-Jum'ah ayat 2, anda akan bertemu dg ayat ini

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka (tilawah), mensucikan mereka (tazkiyah) dan mengajarkan mereka (taklim) Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.


Inilah tugas utama Rasulullah dalam bidang pendidikan dan dakwah.

1. Tilawah. Yaitu tugas untuk menjelaskan bukti-bukti tauhid dg beragam dasar-dasar argumentasinya. Baik yg bersifat fitrawi maupun yang bernuansa rasional. Ini nanti menjadi studi akidah dalam Islam.

2. Tazkiyah. Adalah tugas untuk membentuk akhlak dan adab (etika/karakter). Dasarnya adalah akidah yang benar, output nya adab yang baik. Ini belakangan dikenal dg istilah tazkiyatunnafs, tasawuf/thariqat.

3. Taklim. Yaitu proses pendidikan dan penanaman intelektual melalui transmisi ajaran dari satu tokoh (Nabi) ke generasi selanjutnya hingga hari ini. Melalui lembaga dan institusi yang ada. Keluarga, madrasah, pendidikan tinggi hingga tingkat ahli (profesional).

4. Hikmah. Adalah tugas kenabian yang berfungsi menjelaskan berbagai jenis sunnah (karakteristik keislaman). Mulai dari Sunnah  kauniyah (semesta/sains), Sunnah Syar'iyyah (syari'at), Sunnah ijtimaiyah (sosial). Sunnah sosial ini ini terbagi lagi menjadi; sunnah ibtila (ujian), sunnah tamhis (seleksi), Sunnah tadafu' (pertentangan budaya/peradaban), sunnah tamkin (berkuasa), Sunnah tadawul (peralihan kekuasaan internasional).

Hikmah adalah totalitas pengetahuan yang tidak bertentangan dg visi misi Islam dan tidak melanggar aturan dan batas-batas keislaman. Termasuk filsafat kenabian (hikmah Qur'aniyah Nabawiyah Aqliyah).

Semoga kita sebagai ummat Islam bisa meneladani Rasulullah. Amiiiin.

0 komentar:

Post a Comment

Categories

About Us

There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form.

Contact Form