Thursday, January 10, 2013

SEPUTAR DUNIA MALAIKAT [ KAJIAN LANDMARK JAKARTA ]



HUBUNGAN MALAIKAT DENGAN MANUSIA [BAGIAN I]

Oleh : Ust. Idrus Abidin, Lc., M.A.



1)         Hubungan Malaikat dengan nabi Adam.
§  Relasi pertama malaikat dengan manusia adalah terkait penciptaan nabi Adam sebagai  manusia pertama (QS al-Baqarah [2] : 30).
§  Malaikat bersujud kepada Adam setelah proses penciptaannya selesai dengan peniupan roh kepadanya. Dalam hal ini, hanya Iblis saja yang tidak bersujud sebagaimana firman Allah berikut :
71.(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah".72. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan) Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya".73. Lalu seluruh malaikat itu bersujud semuanya.74. kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir. (QS Shad [38] : 71-74)
§  Pengarahan malaikat terhadap adam  terkait ucapan sapaan (salam) ketika saling bertemu sebagaimana laporan riwayat berikut :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ عَلَى صُورَتِهِ ، طُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا ، فَلَمَّا خَلَقَهُ قَالَ اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ النَّفَرِ مِنَ الْمَلاَئِكَةِ جُلُوسٌ ، فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ ، فَإِنَّهَا تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ . فَقَالَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ . فَقَالُوا السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ . فَزَادُوهُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ ، فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ ، فَلَمْ يَزَلِ الْخَلْقُ يَنْقُصُ بَعْدُ حَتَّى الآنَ »
Dari Abu Hurairah r.a., dari Rasulullah saw, beliau berkata, “Allah swt menciptakan Adam sesuai dengan posturnya, tingginya 30 hasta (siku). Setelah penciptaanya selesai, Allah berkata kepadanya : pergilah dan ucapkanlah salam kepada para malaikat yang sedang duduk-duduk itu, dengarkanlah apa yang akan diucapkan oleh mereka sebagai jawaban ucapan salammu, karena itu nanti akan menjadi sapaanmu dan sapaan seluruh keturunanmu. Maka nabi Adam mengucapkan As-salamu ‘Alaikum  kepada para malaikat. Malaikat menjawab : Wa’alaikumussalam wa rahmatullah. Malaikat menambahkan kata warahmatullah. Semua manusia yang masuk sorga akan serupa dengan postur nabi Adam. Namun, postur seluruh mahluk senantiasa mengecil hingga sekarang.” (HR Bukhari, no.20, Bab : Bad’ul Khalq).
§     Malaikat memandikan jasad nabi Adam takala ia meninggal dunia.
عن أبي بن كعب، عَنِ النَّبِيِّ , صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : " لَمَّا تُوُفِّيَ آدَمُ غَسَّلَتْهُ الْمَلائِكَةُ بِالْمَاءِ وِتْرًا , وَأَلْحَدُوا لَهُ ، وَقَالَتْ : هَذِهِ سُنَّةُ آدَمَ و وَلَدِهِ " .
Dari Abay bin Ka’ab, dari Rasulullah saw, beliau bersabda, “Tatkala nabi Adam meninggal, para malaikat memandikannya dengan air sebanyak bilangan ganjil (3) dan juga membuatkan liang lahat untuknya, seraya berkata, “Ini adalah ketetapan sunnah untuk Adam dan seluruh anak cucunya.” (HR al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak. Hadits ini disebutkan oleh al-Albani dalam kitab Shahih al-Jami’)
Dalam riwayat yang shahih juga ditemukan peran malaikat dalam memandikan salah seorang sahabat bernama Hanzhalah bin Abu Amir yang gugur sebagi syahid dalam perang uhud. Setelah peristiwa syahidnya Hanzhalah, Rasulullah menyatakan kepada para sahabat, “Saudara kalian sedang dimandikan oleh malaikat”. Karenanya, beberapa sahabat bertanya kepada istrinya tentang hal tersebut, maka sang istri menjawab, “Dia keluar berjihad, padahal ia masih dalam kondisi junub.” Hal itu disampaikan kepada Rasulullah, maka beliau menyimpulkan, “Pantasan ia dimandikan oleh Malaikat.” (HR Hakim dan al-Baihaqi dalam kitab sunan dengan sanad yang berstatus hasan, sebagaimana yang dijelaskan oleh al-Albani dalam Silsilah Hadits Shahih : no.326).

0 komentar:

Post a Comment

Categories

About Us

There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form.

Contact Form